Pantai Kuta Lombok

Apabila anda mendengar Pantai Kuta pasti pantai yang ada di Bali, namun jangan salah pantai Kuta juga ada di Lombok. Lokasi pantai ini berada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.  

Tidak sulit untuk menjangkau pantai ini, karena dengan akses jalan yang sudah bagus juga ditunjang dengan petunjuk/marka jalan, memungkinkan anda tidak bakalan tersesat apabila mencarinya sendiri.  Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 7,2 Kilometer. Di sebelah barat pantai, terdapat sebuah bukit yang dinamai Bukit Mandalika. Nama ini diambil dari cerita kuno masyarakat setempat, tentang seorang putri bernama Mandalika yang banyak dipinang oleh pangeran-pangeran dari berbagai penjuru kerajaan yang berada di Lombok saat itu. Konon Putri Mandalika akhirnya melompat ke laut dari bukit ini, karena tidak menginginkan pangeran-pangran yang akan mempersuntingnya kecewa karena harus memilih satu pangeran saja. Konon setelah beberapa lama muncullah Nyale (sebutan sejenis cacing laut yang mempunyai banyak warna oleh penduduk Lombok) bersamaan dengan itu terdengarlah suara perempuan yang tidak lain adalah Putri Mandalika berkata “Nyale ini adalah wujud lainku agar kalian (para pangeran) dapat memilikiku tanpa ada yang merasa dikecewakan”. Perayaan Bau Nyale (Menangkap Nyale) dilakukan setiap tahunnya sekitar bulan Februaru dan Maret di Pantai Kuta Lombok.


Jarak dari Mataram ke Pantai Kuta Lombok ini sekitar 72 Kilometer ke arah Tenggara, dan bisa dicapai sekitar 90 Menit perjalanan darat. Disarankan agar Anda menyewa mobil atau bergabung dengan paket tour, karena jarangnya angkutan umum kedaerah ini serta tariff yang dikenakan biasanya sangat mahal, sama halnya dengan kalau menggunakan taxi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pantai Tanjung Bloam Lombok

Desert Point (Pantai Pemalikan/Bangko-bangko) Lombok

PANTAI NAMBUNG LOMBOK