Pantai Mawun Lombok


Pantai Mawun merupakan  salah satu Pantai yang bentuknya paling indah di Lombok. Bagaimana tidak bentuknya yang oval bulat dengan pantai berlaut biru dan pasir putih bersih menjadi identitas Mawun.
Terletak di Dusun Maun, Pantai Mawun merupakan jejeran pantai Selatan Lombok. Walau berombak cukup deras tetapi mawun cukup ramai di kunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Kondisi mawun yang masih sepi dan tenang membuat pantai ini menjadi tempat yang sangat asik untuk beristirahat dari hiruk pikuk keramaian kota. Perbukitan hijau menjulang mengelilingi Pantai Mawun membuat Mawun semakin memukau untuk di lihat dan diabadikan dalam segi empat poto.

Transportasi ke Mawun menggunakan kendaraan pribadi baik Mobilmaupun sepeda motor. Rutenya dapat di lakukan melalui Jalan Baypas Bandara Interanational Lombok. Sekitar 45 menit dari Bandara. Ikuti jalan menuju daerah Desa Penujak, km 5 Bandara. Berbelok menuju selatan kurang lebih 15 km hingga bertemu pertigaan Jalan di Daerah Selong blanak. Di pertigaan ini telah terdapat petunjuk Jalan berbelok ke Kiri menuju Mawun dan Pantai Kuta. Perjalanan tinggal 5 km dari pertigaan Selong Blanak, namun jalanan ini masih cukup sepi, dan agak rawan jika tidak beramai-ramai. Walau kejadian begal jarang terjadi tapi sepanjang tahun kisah kisah tidak mengenakan terhadap wisatawan yang berpergian berduaan masih terdengar, oleh karena itu jika ingin ke area Selong blanak dan mawun sebaiknya beramai ramai untuk menghidari hal tidak di inginkan.
Tentu saja hal ini sangat di sayangkan, tetapi dengan menjelaskan keadaan apa adanya pada sebuah lokasi wisata, ada tanggung jawab tersendiri apabila terjadi hal tidak di inginkan melalui peringatan ini. Padahal pemandangan dari Selong blanak menuju Mawun sangatlah indah, bukit bersavana rendah, serta laut biru diantara dua gunung memecah jalanan aspal yang kita lalui.

Kegiatan surfing lebih disarankan di area laut selatan termasuk Mawun ini. Karena laut Samudra Hindia yang berarus kuat dan ombak yang besar. Tidak terlalu aman untuk mandi dan berenang, namun sesekali saat cuaca dan angin tenang, mandi di tepian Mawun di bolehkan saja.
Pedagang kuliner, tempat bilas sederhana, mushola yang sangat sederhana sudah ada di Mawun. Biaya masuk hanya membayar Parkir saja, 5.000 untuk Motor, 15 ribu untuk mobil, dan 20 ribu untuk minibus.

Sementara berharap fasilitas yang lebih baik dapat dibangun pemkot Kabupaten Lombok tengah, dengan mengusahakan edukasi masyarakat akan pentingnya kemanan,kenyamanan dan kondusifnya sebuah objek wisata. Bagaimanapun indahnya sebuah tempat wisata tanpa ada jaminan keamanan niscaya siapapun akan menjauhi tempat tersebut. Padahal mawun sungguh indah luar biasa, jalanan aspal yang mulus tetapi kabar buruk tentang begal membuat banyak tour guide berfikir 1000 kali untuk mengajak para tamunya mengunjungi Mawun.

Sebaiknya mengunjungi mawun pada hari liburan baik sabtu dan minggu, pergilah beramai-ramai, dan dengan teratur, hindari membawa barang berharga berlebihan, dan jangan lupa membuang sampah pada tempatnya, agar mawun tetap asri untuk di kunjungi siapapun

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pantai Tanjung Bloam Lombok

Desert Point (Pantai Pemalikan/Bangko-bangko) Lombok

PANTAI NAMBUNG LOMBOK