Pantai Pink Lombok


Pantai Tangsi atau yang lebih dikenal dengan Pantai Pink dari Pulau Lombok terletak di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur adalah sebuah destinasi wisatawan yang menarik dan patut untuk dikunjungi karena keunikannya. Pantai ini merupakan salah satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir pantai berwarna pink, dan satu dari dua pantai di Indonesia yang memiliki pasir pantai berwarna pink selainnya ada di Flores NTT.

Warna pink pada pasirnya terbentuk karena pelapukan dari batu karang yang ada di pantai ini yang kebanyakan berwarna pink yang kemudian membentuk pasir laut. Warna pink ini akan semakin bersinar apabila matahari sudah mulai beranjak siang. Pantai yang satu ini memiliki ombak yang sangat tenang mirip seperti ombak kecil pada danau, hal ini membuat wisatawan yang berkunjung untuk mandi dan berenang amat sangat aman, terutama bagi anak-anak. Apabila kita ingin menyaksikan keseluruhan pasir pantai yang berwarna pink ini, anda cukup mendaki sebuah bukit yang berada didekatnya, dari atas bukit kita akan melihat keindahan dan kesempurnaan pantai pink.
Masih sangat alami dan belum terlalu banyak pengunjung mendatangi pantai ini menyebabkan sekelilingnya masih sangat bersih, baik pasirnya ataupun air lautnya yang sangat jernih. Sebelum anda memutuskan untuk mengunjungi pantai ini terlebih dahulu kami akan menginformasikan bahwa akses jalan menuju pantai pink masih berupa jalan tanah, namun ini merupakan suatu tantangan bagi yang suka terhadap tantangan dan petualangan (memang untuk mendapatkan sesuatu yang sempurna harus dengan perjuangan dan pengorbanan.Red) namun hal tersebut akan segera terbanyarkan apabila kita telah sampai ke lokasi.
Tidak berhenti sampai disana, anda juga dapat menikmati keindahan alam bawah lautnya dengan snorkeling ria  (tapi harus diingat membawa alat sendiri ya.. karena ditempat ini tidak ada sarana penyewaan snorkeling), selain snorkeling anda juga dapat mencoba untuk memancing dilaut dengan menyewa perahu nelayang yang ada disekitar atau sekedar mengelilingi gugusan pulau-pulau kecilpun bisa dilakukan, karena para nelayang juga menawarkan paket tour dengan biaya rata-rata Rp. 10.000 s/d Rp. 15.000 per orang dengan jumlah maksimal satu perahu 9-10 orang


Letaknya yang tersembunyi dan jauh dari pusat kota membuat pantai ini terjaga keindahannya.  Infrastruktur yang tidak memadai membuat anda harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari kota Mataram, sebagai informasi bahwa disekitar pantai tidak tersedia penginapan atau warung, jadi disarankan untuk membawa air dan makanan dari kota namun yang sangat penting adalah membawa sisa dan bungkus makanan sehingga kebersihan dan keindahan pantai tetap terjaga.

Lokasi Pantai Pink lumayan jauh dari pusat Kota Mataram, sehingga anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan darat baik menggunakan kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat. Berikut petunjuk yang dapat kami informasikan untuk menuju Pantai Pink Lombok. Dari Mataram arahkan kendaraan kita menuju kota Praya, skitar 45 menit ke timur, plank petunjuk jalan banyak di pertigaan maupun traffic light. Sesampainya di Praya lanjutkan kendaraan menuju Kecamatan Keruak skitar 30 menit dari praya, patokannya nanti akan bertemu SPBU Keruak, 100 meter setelah SPBU tersebut kita menemukan pertigaan jalan, beloklah ke kanan lurus terus hingga menemukan SMPN 1 Jerowaru, yang ini sekitar 10 km dari pertigaan, jalanan yg sepi tapi aman. Dari SMPN 1 Jerowaru kita akan menemukan pertigaan, beloklah ke kiri terus saja, jalan tanah akan menghadang kita, ini bisa dilalui mobil tetapi mesti pelan-pelan. Lurus terus sampai kita menemukan plank nama Pantai Pink sekitar 45 menit. Parkirlah kendaraan di orang sekitar yg telah menyediakan jasa menjaga kendaraan. Mobil 10ribu dan Motor 5ribu.

Jika kurang yakin terhadap arah jalan anda, disarankan jangan segan-segan untuk turun dari kendaraan, lalu bertanyalah pada orang yang anda temui di jalan. atau mampir membeli minuman sambil bertanya, itu lebih baik.

Alternative lain jika tak ingin melewati jalan tanah yg jelek. Kita bisa menumpang perahu dari Tanjung Luar. Desa tanjung luar sendiri berada di ujung timur desa keruak, artinya setelah SPBU keruak jangan berbelok kiri menunju SMPN 1 Jerowaru tetapi lurus saja sampai bertemu pelabuhan/TPI (Tempat Penjualan Ikan). Menyewa perahu dari Tanjung luar sekitar Rp.10.000 PP, berisi 8-10 orang. Lama perjalanan sekitar 45 menit dengan perahu tersebut.

Pintu masuk ke pantai ini, terdapat di 1 km sebelum wisatawan memasuki pantai Tanjung Ringgit, atau sebelum sampai di Pintu masuk pantai Ringgit, akan terlihat di pinggir jalan sebuah rambu yang bertuliskan pantai Pink dengan penjaga portal. Membayar tiket 5.000 untuk sepeda motor dan 10.000 untuk mobil.

Hanyo ke Lombok dan nikmati destinasi keindahan alamnya dengan menghubungi pemilik blog….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pantai Tanjung Bloam Lombok

Desert Point (Pantai Pemalikan/Bangko-bangko) Lombok

PANTAI NAMBUNG LOMBOK