Pantai Semeti Lombok

Begitu anda melihat landscape Pantai Semeti, seolah-olah anda akan dibawa ke film-film Hollywood kolosal dan berlatar belakang Yunani kuno, hal seperti itu akan anda dapatkan di Pantai yang satu ini Pantai semeti terletak di Desa Mekar sari, 5 km sebelah timur pantai selong blanak yang sudah lebih dulu terkenal banyak orang. Jalan masuk dapat dilalui dengan kendaraan roda empat walau kondisi jalannya agak rusak sekitar 3 km.
Jarak dari kota Mataram ke Pantai Semeti sekitar 50km dengan waktu tempuh skitar 1,5 jam. akses jalan sudah lumayan bagus dilewati kendaraan roda empat, apabila henda ke sana sebaiknya anda menggunakan kendaraan pribadi, ataupun jasa travel setempat, dikarenakan kendaraan anguktan umum masih sangat jarang untuk menuju ke lokasi.
Dari kota Mataram arahkan kendaraan ke jalur baypas Bandara International Lombok, sesampai di perempatan Desa Penujak Praya Barat, tepatnya masjid penujak belok kiri menuju ke arah pantai selong blanak. Sesampainya di pertigaan jalan pantai selong blanak perhatian petunjuk jalan bertulis lurus selonk blanak, kanan ke Awang. Pilih kanan hingga bertemu pertigaan kantor desa Mekar sari, Belok ke kanan kira-kira 500 meter kita akan menemukan sebuah cafĂ© Mawi yang lebih mirip dengan warung makan. Disinilah kunci jalannya utama menuju Semeti. Beloklah kea rah kanan,  jangan ikuti jalan aspal bagus, selanjutnya kita akan melalui jalan kecil beraspal kasar, bertemu portal yg dijaga masyarakat sekitar, karcis masuk untuk motor 5ribu dan mobil 10ribu. Ikuti terus jalan tersebut sekita 5 km jalanan rusak tanah tetapi bisa dilalui mobil. Sampai bertemu pertigaan jalan tanah. jika berbelok ke kanan kita akan bertemu dengan pantai mawi, Pantai mawi sendiri merupakan pantai berarus tinggi yang menjadi area surf bagi wisatawan mancanegara. Pantai Mawi dan Mawun adalah dua pantai yang berbeda walau terlihat namanya mirip. Menikunglah ke kiri karena kita akan mentok pada pantai Semeti. Jika agak kebingungan jangan malu atau ragu untuk turun dari kendaraan dan bertanya pada petani yang sering mengembala sapi disekitar sana.
Masih belum sampai disitu, karena Pemandangan pantai yang akan kita jumpai hanya tipuan saja, karena panta yang kita temkan sama saja dengan pantai-pantai yang lain. karena surga sebenarnya ada dibelakang bebatuan di sebelah kiri pantai semeti. Jaraknya sekitar 100 meter, jalan kaki menyusuri garis pantai hingga terhadang gundukan bebatuan. Jangan ragu memanjat bebatuan setinggi kurang lebih 20 meter itu, karena keindahan sesungguhnya ada dibaliknya. Ke Mahaan Tuhan dalam melukis Lombok, Serpihan tanah surga yang dikirim ke dunia.
View yang terpampang didepan kita sangat mengagumkan, laut biru toska dengan deburan ombak yang yang mengempas karang, Pantai Semeti membawa kita seolah-olah keluar angkasa di planet lain. Bebatuan kotak-kotak tersusun secara alami oleh tempaan ombak. Bebatuan tersebut memiliki bentuk unik, ada yg berbentuk seperti Piramida peninggalan mesir berdiri kokoh di tengah laut dan banyak juga bebatuan kotak krystal seperti planet krypton rumah kelahiran Clark kent si Superman. Hingga beberapa orang juga menyebutnya Pantai Krypton
Tidak ada biaya berarti yang di keluarkan menuju pantai semeti, karena pantai ini masih sangat alami, ada baiknya membawa bekal makanan dan minuman sendiri karena di Semeti hampir tidak ada pedagang makanan. Selain itu jangan terlalu pulang terlalu malam dari Pantai Semeti, kondisi jalanan yang gelap dan sepi dimalam hari bisa memancing kesempatan pihak yang kurang baik melakukan tindak kejahatan.
Jika berkunjung ke Lombok coba sempatkan mampir ke Pantai Semeti.  Banyak-banyaklah bertanya pada penduduk lokal disekitaran pantai Selong blanak, karena pantai ini masih belum diketahui oleh orang banyak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pantai Tanjung Bloam Lombok

Desert Point (Pantai Pemalikan/Bangko-bangko) Lombok

PANTAI NAMBUNG LOMBOK